Chelsea Jadi Klub Inggris Pertama yang Merasakan Menggunakan Wasit Robot di Piala Dunia Antarklub!

  • Whatsapp
Source Google

Info Chelsea FC – Chelsea akan merasakan pengalaman menggunakan wasit robot saat mereka bertanding di Piala Dunia Antarklub 9 Februari mendatang.

The Blues akan berusaha memenangkan trofi tersebut pada kesempatan kedua kali ini, setelah sebelumnya harus mengaku kalah dari Corinthians di final Piala Dunia Antarklub pada 2012 silam.

Bacaan Lainnya

Thomas Tuchel dan pasukannya akan bertandang ke Uni Emirat Arab berkat kesuksesan mereka di Liga Champions musim lalu, di mana mereka mengalahkan Manchester City 1-0 di partai final di Porto.

Seperti dilaporkan oleh Football London, “robot wasit” akan di uji coba selama kompetisi tersebut bulan ini.

Diyakini bahwa teknologi baru itu akan digunakan untuk membuat keputusan offside dalam waktu yang sangat singkat, hanya setengah detik.

Kamera khusus yang dipasang di atap stadion akan digunakan untuk membuat “sistem pelacakan anggota badan”.

Kamera tersebut akan membuat kerangka animasi yang akan membantu mempercepat proses pengambilan keputusan terkait offside.

Wasit VAR yang ditempatkan kemudian akan mendapat hasil keputusan yang diambil dari teknologi tersebut, lalu wasit lapangan akan diberitahu setelahnya.

Chelsea bakal menjadi tim Premier League pertama yang merasakan pengalaman “wasit robot” tersebut, setelah teknologi tersebut sebelumnya sukses diterapkan selama Piala Arab.

FIFA berharap bisa menerapkan sistem tersebut secara penuh sebelum dimulainya Piala Dunia tahun ini pada November dan Desember.

Badan regulator sepakbola dunia itu menyebut bahwa robotika memiliki “potensi untuk memberikan wawasan baru bagi pelatih, staf medis, dan penggemar.”

The Blues sendiri akan memasuki kompetisi tersebut dari babak semifinal dengan menghadapi Al Hilal, Al Jazira atau Pirae. #CFC

Source : Football London

Pos terkait